Senin, 27 Februari 2012

sistem pemerintahan jerman

Sistem Pemerintahan Jerman


Negara Jerman adalah sebuah negera federasi di Eropa barat.  Awalnya pemerintahan  negara ini berbentuk kekaisaran. Seusai perang Perancis-Prusia (1870-1871) sistem pemerintahan negara ini berubah menjadi sistem parlementer dengan kanselir pemegang pemerintahan. Kanselir pertama adalah Otto Von Bismarck. Pemerintahan yang sehari-harinya dipegang oleh Kanselir memegang peranan seperti perdana menteri. Posisi kanselir diraih secara otomatis oleh kandidat utama partai pemenang pemilihan umum federal.
Jerman juga pernah menganut sistem pemerintahan demokrasi tapi tidak berlangsung lama, itu terjadi tahun 1933. Setelah itu pemerintahan dipegang oleh NAZI, sebuah rezim otoriter yang dipimpin Adolf Hitler dan membawa kehancuran dalam perang dunia II. Hal ini membuat Jerman terbagi menjadi dua yaitu Jerman Barat (Republik federal Jerman) dan Jerman Timur (Republik Demokratik Jerman). Tapi Kekalahan dalam Perang Dunia II telah membuat Jerman kehilangan wilayah timur. Lalu pemerintahan berpindah ke Jerman Barat.
Setelah negara Jerman terpisah lalu pada tahun 1990 terjadi penyatuan kembali dengan diruntuhkannya tembok Berlin. Sistem pemerintahan berubah menjadi sistem pemerintahan demokrasi yang berbasis ideologi berlandaskan prioritas hak-hak asasi manusia.
Dalam pemerintahan Jerman, Parlemen dikenal sebagai Bundestag, yang anggota-anggotanya dipilih. Partai yang memerintah adalah partai dengan koalisi dominan di dalam parlemen ini. Selain Bundestag terdapat pula Bundesrat, yang anggota-anggotanya adalah perwakilan pemerintahan negara-negara bagian. Bundesrat sering disamakan dengan senat, meskipun pada kenyataannya memiliki wewenang yang berbeda. Walau secara konstitusional Jerman dipimpin oleh kanselir namun negara karena Jerman juga menganut sistem parlementer sehingga pimpinan negara dipegang oleh presiden yang dipilih setiap 5 tahun sekali.
Jerman juga memiliki makhamah konstitusi liberal, dimana setiap warga mempunyai hak  mengajukan keberatan berdasarkan konstitusi jika ia merasa hak asasinya dilanggar oleh pemerintah.
Saat ini yang menjadi masalah dalam pemerintahan Jerman adalah mengenai penutupan pembangkit nuklir yang kerap menjadi sumber demonstrasi warga Jerman.
(mini/Carapedia)


Pencarian Terbaru (100)
Sistem pemerintahan jerman. Sistem pemerintahan negara jerman. Sistem pemerintahan di jerman. Negara jerman. Ideologi negara jerman. Pemerintahan jerman. Bentuk pemerintahan jerman.
Sistem pemerintahan parlementer di belanda. Contoh negara yang menganut sistem parlementer. Sistem pemerintahan di negara jerman. Politik jerman. Bentuk pemerintahan negara jerman. Negara yang menganut sistem demokrasi. Konstitusi negara jerman.
Negara yang menganut sistem presidensial. Negara negara yang menganut sistem pemerintahan presidensial. Bentuk negara jerman. Sistem pemerintahan parlementer negara inggris. Konstitusi jerman. Sistem pemerintahan negara di dunia. Sistem pemerintah jerman.
Tentang negara jerman. Negara penganut sistem parlementer. Ideologi jerman. Struktur pemerintahan jerman. Pemerintahan negara jerman. Sistem hukum jerman. Sistem politik jerman.
Politik di jerman. Contoh negara otoriter. Negara yang menganut pemerintahan presidensial. Contoh negara yang menganut sistem presidensial. Sistem pemerintahan germany. Sistim pemerintahan jerman. Pelaksanaan sistem pemerintahan belanda.
Negara negara yang menganut sistem demokrasi. Nama nama negara yang menganut demokrasi. Sistem pemerintahan jerman wikipedia. Negara yang menganut presidensial. Bentuk dan sistem pemerintahan jerman. Sistem pemerintahan german. Politik negara jerman.
Sistem presidensial jerman. Ideologi negara brazil. Bentuk pemerintahan negara di dunia. Nama konstitusi jerman. Politik dan pemerintahan jerman. Susunan pemerintahan jerman. Nama negara dan sistem pemerintahannya.
Gambar negara jerman. Hukum negara jerman. Sistem pemerintahan presidensial jerman. Contoh negara pemerintahan presidensial. Ideologi negara spanyol. Bentuk sistem pemerintahan jerman. Sistem demokrasi jerman.
Hukum jerman. Negara negara yang menganut pemerintahan parlementer. Nama negara yang menganut sistem parlementer. Daftar negara yang menganut sistem pemerintahan parlementer. Sistem demokrasi negara jerman. Sistem demokrasi di jerman. Negara negara yang menggunakan sistem parlementer.
Pemerintahan di jerman. Struktur pemerintahan negara jerman. Negara yang menganut sistem presidensial dan parlementer. Sistem pemerintahan hitler. Struktur negara jerman. Demokrasi di jerman. Sistem pemerintahan di negara eropa.
Negara yang menggunakan sistem demokrasi. Amerika menganut sitem pemerintahan. Sistem hukum negara jerman. Contoh negara yang menggunakan sistem parlementer. Sistem negara jerman. Sistem politik negara jerman. Nama nama negara yang menganut sistem pemerintahan presidensial dan parlementer.
Sistem pemerintahan presidensial eropa. Sistem pemerintahan nazi adolf hitler jerman. Bentuk pemerintah jerman. Ideologi negara inggris. Sistem hukum di jerman. Sistem pemerintahan parlementer di jerman. Parlementer negara inggris.
Sistem politik dan pemerintahan jerman. Contoh negara yang menganut sistem demokrasi. Sistem pemerintahan jerman parlementer. Contoh negara presidensial dan parlementer. Sistem politik di jerman. Sistem pemerintahan parlementer jerman. Demokrasi negara belanda.
Sistem pemrintahan jerman. Nama konstitusi negara jerman. Negara germany. Bangsa jerman menganut sistem ideologi. Sistem jerman. Sistem pemerintahan parlementer di negara jerman. Sistem pemerintahanjerman.
Negara yang menganut ideologi demokrasi. Ideologi brazil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar